Pengantar TANYA JAWAB TENTANG BERBAGAI MASALAH AGAMA

Pada tulisan di blog ini, penulis akan membuat kategori tersendiri mengenai “Tanya Jawab Masalah Agama”. Tulisan ini penulis ambil dari buku “Soal-Jawab” karya A. Hassan cetakan 1968. Seperti dalam pengantar buku ini, penulis tidak akan mengubah kata-kata yang ada di buku ini untuk menjaga keotentikan dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh penanya kepada penulis buku. Sebelum memasuki isi buku, penulis terlebih dahulu menuliskan kata pengantar dalam buku ini.

بسم الله الرحمن الرحيم

Alhamdulillah, setelah kami berusaha dengan susah payah, dengan izin dan bantuan ahli waris Almarhum A. Hassan, terbitlah kitab “SOAL-JAWAB” ini.

Dalam kitab ini akan anda dapati berbagai masalah yang diajukan pembaca kepada majalah “Pembela Islam, al-Lisaan dan al-Fatwa yang dibina oleh A. Hassan dkk. Akan tetapi sistematikanya kami sususn dan kelompokkan menurut jenis masalahnya, dimulai dengan bab Thaharah, kemudian Shalat, Jenazah, Zakat, Shaum, Haji, Nikah dan seterusnya, untuk memudahkan pembaca dalam mencarinya.

Kitab Soal Jawab yang kami terbitkan terdiri dari 3 jilid meliputi bab-bab yang sejenis tapi pokok masalahnya berbeda.

Maksud kami menerbitkan kitab “Soal Jawab” ini semata-mata ingin merangsang, membangkitkan dan menggugah semangat “ijtihad” di kalangan umat Islam. Mudah-mudahan dengan terbitnya kitab ini, umat Islam bangkit dan bergerak meneliti dan mencocokkan segala perilaku dan amal ibadahnya dengan sumber asalnya, yaitu al-Qur’an dan al-Hadits. Dan di samping itu maksud kami untuk memenuhi permintaan dan desakan masyarakat sebagian dapat terpenuhi.

Koreksi, kritik, sorotan, sanggahan terhadap buku ini demi kesucian agama Islam selalu kami nantikan untuk kami sampaikan kepada mereka yang berkompeten untuk menjawabnya.

Dan atas jerih payahnya kami ucapkan banyak-banyak terima kasih semoga Allah membalasnya dengan berlipat ganda.

Mudah-mudahan usaha kami ini mencapai tujuannya dan memperoleh rahmat dan ridha Allah SWT. Amin.

Penerbit,

Bandung, 3 September 1968

2 thoughts on “Pengantar TANYA JAWAB TENTANG BERBAGAI MASALAH AGAMA

  1. junari says:

    saya ingin bertanya berapa RUZUKAN yang sudah di lakukan penerbit buku ini untuk membenarkan ke shahihannya? coba cek di bagian wajibkan memakai janggut,saya kurang setuju dengan pernyataan itu karena apa sudah jelas di al-quran memerintahkan memakai janggut,mengapa berkesimpulan bahwa bebas saja untuk mencukurnya seska hati.apapebdanya sekarng dengan dulu,,mana bisa sekarng kita membedakan orang muslim dan orang kafir sementra tingakh laku orang muslim sudah sperti orang kafir.

Leave a comment