Profil Yayasan Pahlawan Tuanku Tambusai

Yayasan Pahlawan Tuanku Tambusai Riau (YPTT Riau) didirikan dengan Akta Notaris M. Dahad Umar, SH No. 40 Tanggal 11 Oktober 1994. Pada mulanya, YPTT Riau menyiapkan pendirian Politeknik Kampar yang direncanakan beroperasi pada tahun 1996. Bidang ini dipilih karena Provinsi Riau pada umumnya, Kabupaten Kampar khususnya sangat memerlukan tenaga menengah dalam bidang teknologi, termasuk manufaktur. Dengan bekerjasama dengan Politeknik Swiss Bandung, yayasan menyiapkan proposal, termasuk studi kelayakan pendirian Politeknik Kampar dengan dukungan Pemerintah Daerah Kampar. Akan tetapi, rencana ini terpaksa ditunda karena belum mendapat persetujuan dari Gubernur Riau.
Pengurus yayasan menyadari bahwa, selain bidang teknologi, tenaga kesehatan masih sangat kurang di daerah Kampar. Tenaga kesehatan yang mengisi kesempatan kerja di lembaga pelayanan kesehatan di daerah Riau, pada umumnya diisi oleh lulusan akademi dan program S1 dari perguruan tinggi yang ada di luar Riau, seperti dari Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Utara, dan alumni perguruan tinggi di Pulau Jawa. Oleh karena itu, pengurus yayasan memandang perlu untuk mendirikan lembaga pendidikan kesehatan setingkat akademi. Bidang kesehatan yang diraasakan mendesak adalah bidang Keperawatan. Berkat kerja keras, dan dukungan semua pihak, pada tahun 1996, pengurus Yayasan berhasil membuka program pendidikan Diploma Keperawatan dengan izin yang diterbitkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia No : 001.1.542.A tertanggal 27 Februari 1996. Semenjak dibuka pada tahun 1996, Akademi Perawat YPTT Riau menunjukkan perkembangan yang cukup baik sampai dengan tahun 2009.
Kemudian, pengurus yayasan memandang perlu membuka program pendidikan kebidanan di Kabupaten Kampar. Berdasarkan izin Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No : 174/010/2003 tertanggal 10 Oktober 2003, berdirilah Akademi Kebidanan. Secara akademik Kebidanan YPTT Riau juga menunjukkan perkembangan yang cukup baik.
Selanjutnya atas permintaan masyarakat, terutama tenaga kesehatan di Kabupaten Kampar, mulai tahun Akademik 2006/ 2007, Yayasan telah telah membuka program studi S1 Keperawatan. Izin penyelenggaraan program Studi S1 Keperawatan dari Dikti nomor 105/D/)/2006, tertanggal 19 Juni 2006. Sejalan dengan diterbitkannya izin menyelenggarakan program studi S1 Keperawatan, maka pengurus Yayasan bersama pimpinan STIKes mengupayakan penyatuan Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan dan program studi S1 Keperawatan kedalam satu atap kelembagaan, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes). Upaya yang dilakukan mendapat pesetujuan dari Dirjen Pendidikan Tinggi, bersamaan dengan izin penyelelengaraan program studi S1 Keperawatan di atas.
Selanjutnya, pengurus Yayasan merasa perlu terus mengembangkan aktivitasnya. Salah satu kegiatan yang direncanakan adalah pendirian rumah sakit pendidikan. Sebagai rintisan awal, telah diuapayakan pembelian lahan seluas 4 ha, yang terletak di Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Untuk mendukung rencana pendirian rumah sakit pendidikan tersebut, telah disusun studi kelayakan, yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Karena keterbatasan dana internal Yayasan, pendirian rumah sakit pendidikan dimaksud diuapayakan melalui kerjasama dengan investor. Upaya mendapatkan investor yang cocok dan bersedia menanamkan dana nya, masih terus diupayakan.
Selanjutnya, sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) yang disusun, pengembangan program studi pada STIKes terus diupayakan, yaitu Program Studi D4 Kebidanan, S1 Gizi, S1 Kesehatan Masyarakat, Profesi Keperawatan, Program Studi DIII Keperawatan Gigi, Program Studi D III Sistem Informasi Kesehatan, Program Studi D III Farmasi dan S1 Kedokteran Gigi. Pengembangan program studi tidak hanya diarahkan untuk Program D3, D4 dan S1, akan tetapi program Magister Ilmu Kesehatan dan Magister Ilmu Keperawatan. Khusus program D4 Kebidanan dan S1 Kesehatan masyarakat, diharapkan pada tahun 2009/2010 sudah dapat diwujudkan.
Selain pengembangan pelayanan bidang kesehatan, pengurus yayasan bermaksud pula untuk mengembangkan bidang pendidikan bidang lainnya, seperti Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP), dan bidang Sains Teknologi, serta Ekonomi Islam. Pendirian STKIP telah dirintis sejak tahun 2007, dan diharapkan sudah dapat diwujudkan pada awal Tahun Ajaran 2009/2010. Sedangkan pengembangan kearah bidang lainnya, secara bertahap akan dimulai tahun 2010 dan seterusnya.
Arah dari semua pengembangan pendidikan tersebut adalah terwujudkan sebuah universitas besar di Kabupaten Kampar.

VISI DAN MISI
Visi : Menjadi lembaga utama pendidikan tinggi kesehatan yang mengembangkan ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan akhlak kepribadian secara integral di kawasan Asia Tenggara 2013
Misi : Menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang mampu memajukan ilmu kesehatan yang integral dengan akhlak kepribadian secara akademik dan profesional serta mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat

PENGURUS YAYASAN
Susunan pengurus Yayasan Pahlawan Tuanku Tambusai Riau adalah sebagai berikut :
Pembina : H. Saleh Djasit, SH
Ketua Umum : Prof. Dr. H. Amir Luthfi
Ketua I : Ir. Firdaus, MT
Sekretaris Umum : Ir. H. Basri Rasyid, MT
Sekretaris I : H. Bachtiar Sumun
Bendahara Umum : Ir. Suardi
Bendahara I : Ahmad Himawan, ST
Bidang Pendidikan : Dr. Zulfadil, SE, MBA
Bidang Kerjasama : Juswari Umar Said, SH, MH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s